Wednesday, February 1, 2023
Google search engine
HomeAsia292 Daerah Masih Dapat Siaran TV Analog usai Tenggat ASO 2 November

292 Daerah Masih Dapat Siaran TV Analog usai Tenggat ASO 2 November

Jakarta,– Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut migrasi televisi analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) pada 2 November belum bisa dilaksanakan di semua wilayah.
Dia mengatakan baru ada 222 dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia yang menggelar ASO sesuai tenggat.

“Dari 514 kabupaten kota di Indonesia yang akan dilakukan analog switch off saat ini pada 2 November,” ujar Plate, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, di Jakarta Pusat, Senin (24/10).

“Yaitu 8 kota dan kabupaten di 4 wilayah siaran telah dilaksanakan analog switch off pada bulan April yang lalu, Jabodetabek yang terdiri dari sembilan kabupaten dan kota akan dilaksanakan analog switch off pada bulan November 2022, dan 173 kabupaten/kota non terseterial service atau tidak ada layanan tv teresterial,” ujarnya. 

“Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total analog switch off,” imbuh dia.

Sisanya, kata Plate, ratusan kabupaten/kota lainnya akan melaksanakan ASO secara bertahap. “Masih terdapat 292 kabupaten/kota yang akan kita lakukan analog switch off sesuai kesiapan-kesiapan wilayah,” lanjut dia.

Menkominfo menyebut ada masalah pada distribusi STB yang masih perlu diperbaiki. Padahal dari sisi infrastruktur keseluruhan sudah tersedia.

“Dari sisi infrastruktur multipleks tanggal 2 November, keseluruhan infrastruktur multipleks sudah akan tersedia, baik yang disiapkan oleh penyelenggara muks yaitu televisi-televisi swasta yang sudah diberikan lisensinya maupun oleh pemerintah, Kominfo dan TVRI dari infrastruktur secara nasional sudah siap,” jelas Plate.

“Namun dari sisi distribusi set top box yang masih harus kita sempurnakan,” lanjutnya.

Khusus di Jabodetabek, pemerintah telah melakukan distribusi 98,44 persen STB dari total 479 ribu STB yang harus dibagikan ke keluarga miskin.

Angka tersebut dibagi dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 STB dan seluruh penyelenggara multipleks menyediakan 112.484, atau pemerintah menyiapkan 76 persen set top box Jabodetabek dan penyelenggara mux atau televisi swasta menyediakan 24 persen.

Diketahui, 2 November 2022 merupakan tenggat waktu migrasi TV analog ke TV digital di Indonesia sesuai UU Cipta Kerja.

Johnny berharap pelaksanaan ASO pada 2 November dapat berjalan lancar.

Sementara untuk 292 kota dan kabupaten lainnya yang belum ASO pada 2 November, pemerintah akan meneliti kesiapannya agar bisa segera melaksanakan program ini.

“Selanjutnya akan kami meneliti analog switch off untuk wilayah-wilayah baik kabupaten kota atau kota-kota provinsi penting di Indonesia untuk segera dilakukan analog switch off sesuai kesiapan wilayah masing-masing,” tutur Johnny.

Di tempat yang sama, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan ASO dilakukan secara bertahap mulai November karena mesti menyiapkan beberapa hal, terutama STB.

“STB-nya itu pemerintah sudah menyelesaikan [distribusi], TV swasta baru 4,4 persen sehingga harus diatur kembali,” ungkap dia.

“Secara umum kita akan memenuhi ketentuan undang-undang,” tandas Mahfud, tanpa merinci ketidaksesuaiannya dengan UU Cipta Kerja.

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular