Sunday, April 21, 2024
HomeBeritaMasyarakat Tanah Bumbu Manfaatkan Tanah Pekarangan Tanami Cabai

Masyarakat Tanah Bumbu Manfaatkan Tanah Pekarangan Tanami Cabai

Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya membina masyarakat setempat agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan di rumahnya untuk di tanami cabai.

“Tujuan pembinaan itu adalah mereka tidak ketergantungan terhadap kebutuhan cabai dari daerah lain, sehingga inflasi di daerah juga dapat terjaga,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu H. Hairuddin di Batulicin.

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh masyarakat yaitu tanaman cabai di pekarangan rumah juga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan bisa dijual di pasar lokal.

Selain melakukan pembinaan pemerintah kabupaten juga membagikan bibit cabai kurang lebih mencapai 2000 bibit dan dibagikan secara gratis kepada seluruh warga melalui pertemuan pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK). Bibit yang dibagikan terdiri dari bibit cabai rawit dan cabai besar.

Untuk mendukung program kebutuhan pangan dan pencegahan inflasi, dinas terkait juga menanam cabai rawit seluas 42,5 hektare yang tersebar di Kecamatan Sungai Loban, Kusan Tengah, Kuranji, Kusan Hulu, Kusan Hilir, Batulicin, Simpang Empat, Karang Bintang dan Kecamatan Mentewe.

Luas tanam cabai besar mencapai tujuh hektare yang tersebut di Kecamatan Satui, Sungai Loban, Kusan Tengah, Batulicin, Batulicin dan Kecamatan Mentewe.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Robby Chandra menjelaskan pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik nyaman dan sehat serta menyenangkan sehingga membuat kita betah tinggal di rumah.

Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman buah, sayuran, rempah-rempah dan obat-obatan.

“Secara tidak langsung apa yang menjadi kebutuhan dapur sehari-hari akan terpenuhi dengan adanya tanaman yang ada di pekarangan rumah kita sehingga, akan mengurangi biaya hidup dan hidup akan lebih hemat,” ujarnya.

Bukan hanya itu, menanam tanaman produktif di pekarangan akan memberi keuntungan ganda, salah satunya adalah kepuasan jasmani dan rohani.

“Alhamdulillah, sejauh ini Kabupaten Tanah Bumbu tidak terdampak inflasi. Kami berharap kepada pemangku kepentingan dan kebijakan agar dapat mempertahankan kondisi ini, salah satu upaya pemerintah yang sudah dilakukan adalah dengan menggalakkan penanaman cabai,” jelas Robby. 

Sumber : Antara

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular