Tuesday, February 27, 2024
HomeIndonesiaNASA Temukan Keanehan pada Asteroid, Bisa Luncurkan Batu ke Angkasa

NASA Temukan Keanehan pada Asteroid, Bisa Luncurkan Batu ke Angkasa

Seperti yang dilansir dari laman Bgr, Minggu (9/4/2023), di balik penemuan baru itu, para astronom mengatakan bahwa asteroid tersebut berputar sangat cepat. Maka, asteroid Didymls kemungkinan mampu melepaskan aliran puing-puing ke ruang angkasa di sekitarnya.

Pengungkapan tersebut menimbulkan pertanyaan baru tentang soliditas asteorid. Terlebih, mudah untuk melihat melihat asteroid dan menganggapnya sebagai benda yang benar-benar padat.

Meski para astronom telah mengetahui bahwa asteroid terdiri dari satu ton benda yang lebih kecil dan kurang padat, ini merupakan pertama kalinya merrka menemukan asteroid seperti Didymos yang memuntahkan bebatuan ke luar angkasa. Hal tersebut menyajikan perspektif unik asteroid untuk waktu yang lama, di mana hanya tampak seperti batu hambar dan stagnan yang meluncur di angkasa.

Tapi, berdasarkan penemuan bahwa Didymos mungkin melepaskan materi ke luar angkasa, para ilmuwan bisa mempelajari lebih lanjut tentang sifat dinamis dari benda-benda angkasa tersebut. Kemudian, penemuan tersebut bisa mengarah pada pengungkapan baru perihal bagaimana rekan Didymos yang lebih kecil dan target DART tahun lalu, Dimorphos muncul.

Para astronom meyakini bahwa asteroid Didymos awalnya sendirian. Namun, asteroid  berputar sangat cepat, sehingga mengeluarkan cukup bahan untuk membuat Dimorphos.

Hal itu pun membuktikan, bahwa penemuan itu bisa mengetahui kemungkinan masalah. Ketika para astronom terus mengamati Didymos di masa depan, kita bisa menemukan lebih banyak petunjuk tentang kemungkinan aliran batuan yang dilepaskan asteroid ke luar angkasa di sekitarnya.

Sumber: Celebrities ID

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular