Tuesday, January 31, 2023
Google search engine
HomeBencana AlamBanjir dan Kebakaran Hutan di Kalimantan Barat Masih Terjadi, Apa Sebabnya?

Banjir dan Kebakaran Hutan di Kalimantan Barat Masih Terjadi, Apa Sebabnya?

Dampak bencana di Kalimantan hingga kini masih terjadi. Bahkan di beberapa titik semakin memburuk hingga menimbulkan kondisi banjir yang sebelumnya tak pernah terjadi.

Hal itu diungkap Wakil Komunitas Terdampak, Sola Gratia, ia mengatakan jika kondisi banjir di Ketapang, Kalimantan Barat, semakin buruk dari hari ke hari.

“Di Ketapang ini memang termasuk sering banjir di beberapa kecamatan di bulan lalu, mungkin minggu lalu, itu memang lagi parah-parahnya banjir sampai ada yang sampai ke rumah,” kata Sola dalam webinar bertajuk ‘Komitmen Pemimpin Global Menyelesaikan Loss and Damage di COP-27’, pada Jumat (11/11).

Sola menyampaikan curah hujan yang cukup ekstrem, membuat wilayah ketapang banjir, hingga mancapai atap rumah warga. Padahal kejadian seperti itu belum pernah terjadi.

Di samping itu, Ketapang juga menjadi langganan kebakaran hutan. “Itu pasti ya dari dulu sampai sekarang pun kebakaran menjadi bencana yang langganan di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Sola yang merupakan warga asli dan sudah lama tinggal di Kalimantan Barat hingga saat ini, ia mengeklaim bisa memprediksi kapan banjir dan kebakaran bisa terjadi. Namun, kali ini menurutnya berbeda, curah hujan di Ketapang semakin tinggi dan kebakaran hutan semakin parah setiap tahunnya.

Sumber: Gatra

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular