Sunday, April 21, 2024
HomeBeritaBappenas RI Kunjungi Samarinda Promosikan Kota Penyangga IKN

Bappenas RI Kunjungi Samarinda Promosikan Kota Penyangga IKN


Badan Perencanaan da Pembangunan  Nasional (Bappenas)/Kementerian PPN RI mengunjungi Kota Samarinda, Kalimantan Timur selama dua hari guna mempromosikan kota-kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
 
“Maksud kunjungan itu mendukung revitalisasi Kota Samarinda dan kota-kota lain di wilayah Kaltim serta Kawasan Timur Indonesia. Kami mendorong pembangunan yang berkelanjutan di daerah tersebut,” ungkap Direktur Regional II Bappenas Mohammad Roudo di Samarinda, Kamis.
 
Roudo mengatakan tim Bappenas meninjau wilayah teras Kota Samarinda di Palaran yang dipersiapkan sebagai kota satelit. Tim itu lantas menjangkau Samarinda Kota dan Citra Niaga.

Kunjungan Tim Bappenas, lanjut Roudo, juga akan mengunjungi beberapa wilayah lain guna mempersiapkan pembangunan infrastruktur seperti satelit dan rumah penyangga IKN Nusantara.
 
Salah satu konsep yang disampaikan dalam kunjungan tersebut adalah konsep “Forest City” yang bertujuan mengembangkan kawasan Induk Kawasan Timur Indonesia (IKN) yang mencakup Balikpapan dan Samarinda. 
 
“Konsep itu diharapkan dapat menghubungkan pembangunan di wilayah Kaltim dengan kawasan lain Timur Indonesia,” katanya.
 
Pemerintah Pusat, lanjut Roudo, juga berfokus pada branding kota-kota di wilayah di Sulawesi dan Indonesia Timur, khususnya Morowali, Weda, Konawe, dan Soroako yang menjadi prioritas utama. 
 
Di Kalimantan, prioritas kota yang dipromosikan hanya di Kota Samarinda sebagai penyangga IKN Nusantara.
 
“Kunjungan kami merupakan langkah awal untuk memahami kebutuhan dan potensi setiap daerah guna menciptakan pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan di seluruh Indonesia,” ujar  Roudo.

Sumber: Antara Kaltim

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular