Wednesday, June 19, 2024
HomeBeritaDPRD Dukung Pemkab Kotim Terus Tingkatkan Perhatian Kepada Veteran

DPRD Dukung Pemkab Kotim Terus Tingkatkan Perhatian Kepada Veteran


Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rinie mendukung pemerintah daerah terus meningkatkan perhatian kepada para veteran sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan kepada mereka yang dulu ikut berjuang untuk kemerdekaan negara ini. 

“Saya menilai perhatian pemerintah daerah kepada veteran sudah bagus, tapi tentu kita dukung dan dorong agar ini terus ditingkatkan. Dengan seperti inilah salah satu cara kita berterima kasih dan menghargai para veteran, khususnya di daerah kita,” kata Rinie di Sampit, Jumat. 

Menurut Rinie, seorang veteran berjuang di masa lalu dengan niat tulus untuk kemerdekaan bangsa ini. Mereka tidak meminta pamrih karena jiwa mereka terpanggil untuk ikut merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah. 

Kini sudah sewajarnya pemerintah dan masyarakat memerhatikan nasib pejuang yang masih hidup. Wajib bagi pemerintah menjamin kebutuhan para veteran yang umumnya sudah berusia lanjut. 

Perhatian tidak hanya diberikan saat peringatan Hari Pahlawan seperti sekarang. Perhatian itu harus benar-benar diwujudkan dalam bentuk perhatian nyata berkesinambungan. 

Selain memberikan insentif, perlu pula memastikan jaminan kesehatan, khususnya bagi veteran. Hal ini sangat mereka butuhkan karena kondisi mereka yang sudah berusia lanjut. 

Rinie mendukung ada kegiatan khusus terjadwal supaya pemerintah daerah melalui tim tertentu secara rutin mengunjungi para veteran. Hal itu untuk memantau dan memastikan kondisi para veteran baik-baik saja. 

“Kewajiban pemerintah untuk membantu para veteran agar bisa hidup dengan nyaman dan menikmati masa tua mereka dengan baik. Ini wajar karena beliau itu semua dulu juga ikut berjuang untuk bangsa ini,” ujar Rinie. 

Salah seorang veteran di Kotawaringin Timur, Sutadjib mengaku bersyukur karena pemerintah daerah masih memberikan perhatian kepada mereka yang kini usianya tak lagi muda. Salah satunya, pelayanan kesehatan gratis yang dinilai sangat membantu. 

“Alhamdulillah, berarti masih ada perhatian dari pemerintah walau kami sudah tua seperti ini,” tambahnya.

Tak lupa pada peringatan Hari Pahlawan ini, Sutadjib menitipkan pesan bagi para generasi muda agar bisa melanjutkan perjuangan untuk menjadikan Negara Indonesia lebih baik lagi, karena hidup dan kebahagiaan bangsa ini tergantung pada upaya generasi muda. 

“Perjuangan itu tidak harus ikut berperang, tapi melakukan kegiatan yang baik dan bermanfaat bagi kepentingan umum dan masyarakat juga sudah cukup,” demikian Sutadjib. 

Sumber: Antara Kalteng

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular