Friday, March 29, 2024
HomeEkonomiIndonesia Jadi Perhatian dan Lampaui Target di World Travel Market 2022

Indonesia Jadi Perhatian dan Lampaui Target di World Travel Market 2022

Indonesia disebut mendapat banyak perhatian dalam World Travel Market (WTM) London 2022 pada 7-9 November 2022, lantaran menawarkan beragam destinasi baru.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ni Made Ayu Marthini, pengunjung WTM dinilai kagum ketika mengetahui bahwa Indonesia tidak hanya memiliki Bali, tapi juga wisata lainnya. 

“Untuk Indonesia, meski betul Bali top of mind, yang menarik adalah ketika kita jelaskan lima destinasi super prioritas (DSP) dan lainnya termasuk KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), mereka takjub,” ujar Made, dalam Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Kamis (10/11/2022). 

Ia menambahkan, banyak negara lainnya yang juga antusias dengan potensi pariwisata lain di Indonesia.

“Kata mereka, ‘Wow Indonesia enggak ada habisnya, engga ada matinya’, dan it is true (itu benar),” imbuh dia. 

Lebih lanjut, Made menjelaskan bahwa masa depan pariwisata dunia juga sesuai dengan jalur yang Indonesia miliki, yaitu sustainable tourism (pariwisata berkelanjutan). 

Menurut dia, dalam menghadapi sustainable tourism yang menjadi tema besar pariwisata dunia ke depan, Indonesia dinilai sudah memahami dan mempersiapkan diri dengan baik.

Hal ini lantaran salah satu unsur pariwisata berkelanjutan tertuang dalam potensi village tourism atau desa-desa wisata yang dikembangkan di Indonesia.

Desa wisata dianggap sebagai cerminan pariwisata masa depan yang bertujuan memberi kembali pada masyarakat. 

“Ini adalah sesuatu yang dianggap bukan hal baru, tapi bagaimana pariwisata ke depan, dapat giving back to the community. Itu menjadi salah satu yang sangat diapresiasi dari Indonesia, di samping juga menjaga lingkungan,” tambahnya.

Indonesia sukses lampaui target transaksi di WTM London 2022

Dalam gelaran WTM London 2022, total 36 pelaku bisnis pariwisata Indonesia dalam Paviliun Wonderful Indonesia memberikan hasil yang positif, bahkan melebihi target ditetapkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyampaikan, awalnya target yang diharapkan dari keikutsertaan Indonesia pada WTM London 2022 adalah sebesar 29.500 pax dengan nilai transaksi wisatawan mancanegara diharapkan mencapai Rp 322 miliar. 

“Kami memfasilitasi 36 pelaku bisnis pariwisata Indonesia terdiri dari 22 biro perjalanan wisata dan 14 industri akomodasi/hotel. Hasil yang diperoleh ini sangat fantastis karena jauh di atas target yakni 38.300 pax dengan nilai Rp 738,82 miliar,” kata Menparekraf.

Hasil ini, kata dia, sekaligus menunjukkan optimisme yang tinggi akan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang diharapkan mampu berdampak bagi kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Optimisme ini juga disampaikan Menparekraf pada sesi konferensi pers WTM London. Ia menyebutkan bahwa keberhasilan ini berdasarkan tiga hal.

Pertama, Indonesia berhasil menjadi salah satu negara yang keluar dari tekanan krisis dan inflasi.

Selanjutnya, kebijakan yang diambil untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang baik bahkan menjadi best practice (prosedur yang dinilai efektif) bagi negara lain. Terakhir, transformasi strategi pemasaran yang disesuaikan dengan pasar dan program destinasi prioritas.

“Hasil ini tentu merupakan hal yang sangat disyukuri yang menunjukkan bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia benar-benar sangat diminati wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Source: Kompas

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular