Wednesday, June 12, 2024
HomeBeritaKonglomerat Termuda RI, Punya Harta Rp 33 T

Konglomerat Termuda RI, Punya Harta Rp 33 T


Kesuksesan menjadi impian banyak orang. Apalagi jika sukses bisa digapai di usia muda. Mengutip data Forbes, ada 6 dari 50 pengusaha terkaya Indonesia yang masih berusia di bawah 60 tahun.

Dari deretan para konglomerat di Indonesia, ada satu orang di antaranya berusia 47 tahun dan memiliki harta kekayaan senilai Rp 33,34 triliun. Selain itu ada pula yang telah genap berusia 50 tahun dengan harta kekayaan Rp 15,91 triliun.

CNBC Indonesia merangkum 6 orang yang masih berusia di bawah 60 tahun dari daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes, berikut catatannya:

1. Ciliandra Fangiono and Family

Pengusaha kelapa sawit Ciliandra Fangiono and Family kini berusia 47 tahun dengan urutan ke 20 orang terkaya di Indonesia yang memiliki harta kekayaan sebanyak US$ 2,2 miliar.

Ciliandra Fangiono menjabat sebagai CEO First Resources, sebuah perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di seluruh Indonesia. Keluarganya memiliki saham mayoritas di perusahaan, didahului oleh Sang Ayah Martias lebih dari dua dekade lalu.

Sebelum bergabung dengan bisnis keluarga, Ciliandra bekerja di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura.

Ia merupakan Sarjana Ekonomi Senior dan dianugerahi Hadiah Buku PriceWaterhouse saat di Universitas Cambridge.

Pada tahun 2021 keluarga tersebut mengumumkan perusahaan perkebunan kelapa sawitnya FAP Agri, yang dikendalikan oleh kakak perempuan Ciliandra, Wirastuty.

2. Manoj Punjabi

Pengusaha Film, Manoj Punjabi kini berusia 50 tahun dan menyandang status orang terkaya urutan ke 43 di Indonesia dengan harta kekayaan sebanyak US$ 1,05 miliar.

Manoj Punjabi, istrinya Shania dan orang tuanya Dhamoo dan Sunita mendirikan MD Media, pelopor perusahaan studio film yang terdaftar di Indonesia MD Pictures.

Perusahaan go public pada tahun 2018 melalui IPO senilai $ 19 juta.

Raksasa teknologi dan hiburan China Tencent membeli 14,6% saham pada Oktober 2021. Sang Isteri, kini juga Shania menjabat sebagai presiden komisaris MD Pictures.

3. Arini Subianto and Family

Pengusaha tambang dan kelapa sawit Arini Subianto and Family yang kini berusia 52 tahun menyandang sebagai orang terkaya urutan ke 28 di Indonesia dengan harta kekayaan mencapai US$ 1,5 miliar.

Ketika taipan Indonesia Benny Subianto meninggal pada Januari 2017, putri sulungnya, Arini, mengambil alih kendali kerajaan bernilai jutaan dolar.

Arini Subianto adalah presiden direktur perusahaan induk keluarga, Persada Capital Investama. Ia mengawasi investasi Persada di berbagai bidang mulai dari produk pengolahan kayu dan kelapa sawit hingga pengolah karet dan batu bara.

Portofolio Persada mencakup saham minoritas di raksasa batubara Adaro Energy. Arini telah berinvestasi di startup teknologi melalui Persada sejak 2017.

4. Garibaldi Thohir

Pengusaha tambang Garibaldi Thohir kini berusia 58 tahun urutan ke 15 orang terkaya di RI yang memiliki harta kekayaan US$ 3,45 miliar.

Garibaldi Thohir adalah CEO dan pemegang saham penting Adaro Energy, salah satu eksportir batubara terbesar di dunia.

Pada tahun 1997, Ia juga mendirikan perusahaan pembiayaan sepeda motor Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance). Hingga saat ini Ia masih mendistribusikan sepeda motor Honda.

Ia juga pemilik saham operator telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia, bergabung dengan pesaingnya yang terdaftar di Indonesia Indosat pada Januari 2022.

Keluarganya juga mengoperasikan restoran dan memiliki hotel bersama.

5. Jerry Ng

Banker Jerry Ng yang kini berusia 58 tahun menjadi urutan ke 35 orang terkaya Indonesia dengan harta kekayaan sebanyak US$ 1,2 miliar.

Bankir veteran Jerry Ng, dengan pengalaman lebih dari tiga dekade, mendapatkan kekayaannya dari saham di Bank Jago. Dia mengakuisisi saham yang saat itu bernama Bank Artos pada Desember 2019.

Bank Jago mengubah dirinya menjadi bank digital dan ingin bekerja sama dengan perusahaan tekfin kecil dan menengah.

Ng sebelumnya menduduki posisi teratas di Bank Danamon Indonesia dan Bank Central Asia. Hingga Februari 2019 Ng menjabat sebagai direktur utama Bank BTPN.

Aplikasi layanan pembayaran dan on-demand Indonesia Gojek membeli saham di Bank Jago pada tahun 2020.

6. Harry Tanoesoedibjo

Pengusaha media dan real estate Harry Tanoesoedibjo kini berusia 58 tahun menjadi orang terkaya se Indonesia di urutan ke 39 yang memiliki harta kekayaan sebanyak US$ 1,09 miliar.

Hary Tanoesoedibjo mulai membangun bisnis media tak lama setelah kuliah. Hingga saat ini, Ia masih memiliki lebih dari 60 stasiun TV, stasiun radio, dan surat kabar.

Dia mengundurkan diri sebagai CEO Media Nusantara Citra (MNC), yang memiliki empat stasiun TV nasional, pada 2016 untuk fokus pada politik.

Melalui perusahaan terdaftarnya MNC Land, dia sedang membangun resor di Bali dan Jawa yang akan dikelola oleh perusahaan Donald Trump.

Putrinya Angela Herliani Tanoesoedibjo adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Sumber: CNBC Indonesia

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular