Tuesday, February 27, 2024
HomeBeritaKPU Kalsel Supervisi Pencetakan Surat Suara Pemilu

KPU Kalsel Supervisi Pencetakan Surat Suara Pemilu


Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) memantau pencetakan surat suara Pemilu 2024 pada dua perusahaan di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur dan Kudus, Jawa Tengah.

“Kami mengajak serta jajaran KPU kabupaten dan kota juga untuk melihat proses pencetakan surat suara ini,” kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Selasa.

Dia mengatakan KPU tingkat provinsi meliputi pengadaan surat suara calon anggota DPRD provinsi dan calon anggota DPD RI.

Sedangkan, 13 KPU kota/kabupaten di Provinsi Kalsel mencakup pengadaan surat suara calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Tenri menyebut proses pencetakan hingga penyortiran surat suara diperkirakan rampung pada pertengahan Desember 2023 dan perusahaan percetakan langsung mendistribusikan ke Kalsel.

Setibanya di Banjarmasin, nantinya langsung didistribusikan ke gudang logistik pemilu milik KPU pada 13 wilayah.

Diketahui, jumlah surat suara yang dicetak sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kalsel sebanyak 3.025.220, kemudian ditambah dua persen surat suara cadangan dari jumlah DPT.

Ada lima jenis surat suara Pemilu 2024 yaitu  abu-abu untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, merah untuk surat suara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), kuning untuk surat suara anggota DPR, biru untuk surat suara anggota DPRD provinsi, dan warna hijau surat suara anggota DPRD kabupaten/kota.

Sumber: Antara Kalsel

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular