Wednesday, February 28, 2024
HomeBeritaNaik Kelas Jadi Upper Middle Income Country, Begini Konsekuensinya bagi Indonesia

Naik Kelas Jadi Upper Middle Income Country, Begini Konsekuensinya bagi Indonesia


Indonesia menyandang status upper middle-income country lagi karena memiliki Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita sebesar US$ 4.580 di tahun 2022 sehingga melebihi standar yang ditetapkan sebesar US$ 4.466. 

Meski demikian, Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai status Indonesia yang naik ke upper middle-income country tersebut tidak menjamin pertumbuhan ekonomi akan kembali ke pra pandemi. Sebab, kenaikan ini hanya temporer didorong oleh pendapatan ekspor komoditas olahan primer dan setengah jadi.

“Begitu harga komoditas mulai melandai, tekanan ekspor dan pelemahan sektor turunan komoditas akan membuat ekonomi kembali melemah,” ujar dia kepada Kontan, Selasa (4/7). 

Bhima bilang, ancaman inflasi dan suku bunga yang naik akan menjadi penghalang motor ekonomi domestik untuk tumbuh rata-rata 7% setelah pandemi. 

“Padahal kita tidak boleh berpuas diri dengan status kelas menengah karena butuh growth 7% untuk lompat ke status negara maju,” kata dia. 

Adapun, dampak positif dari status ini adalah Indonesia kembali bisa mendapatkan bunga pinjaman yang lebih rendah di pasar karena rating utangnya lebih baik. Selain itu, punya kesempatan lebih dipercaya oleh investor dan mitra dagang. 

“Tapi jangan senang dulu, Indonesia juga akan lebih banyak meminjam dari skema pasar bukan menggunakan skema hibah dan skema pinjaman lunak (soft loan) yang bersifat bilateral-multilateral,” timpalnya. 

Kata Bhima, itu konsekuensi dari status negara yang naik. Kelemahan lainnya adalah fasilitas perdagangan akan lebih sulit didapat, misalnya Generalized System of Preferences (GSP). 

GSP untuk ekspor ke AS bagi  Indonesia bisa dievaluasi karena dianggap Indonesia sudah tidak layak mendapat fasilitas penurunan tarif dan bea masuk ke negara maju. 

Sumber: Kontan

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular