Sunday, June 23, 2024
HomeIndonesiaPLN Indonesia Power Transplantasi Terumbu Karang di Kalimantan Timur

PLN Indonesia Power Transplantasi Terumbu Karang di Kalimantan Timur


PLN Indonesia Power terus menunjukkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan Indonesia, langkah ini merupakan upaya untuk membantu mengatasi perubahan iklim.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, PLN IP terus lakukan inovasi dalam menjaga lingkungan, satunya adalah restorasi ekosistem laut Muara Badak, Kalimantan Timur melalui transplantasi terumbu karang.

Hal tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Edwin, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Program yang dilakukan PLN IP UPDK Mahakam ini meliputi restorasi terumbu karang yang rusak akibat pengeboman ikan di sepanjang pesisir muara badak. Seiring berjalannya waktu pertumbuhan terumbu karang meningkat tajam yaitu mencapai 100 persen.

Atas upaya tersebut kini masyarakat juga dapat merasakan hasilnya, dimana keindahan bawah laut Muara Badak telah pulih, hingga berdampak pada peningkatan wisatawan yaitu sebanyak 133 persen yang kemudian turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat melalui pariwisata.

Selain itu UPDK Mahakam juga lakukan pembinaan, peningkatan dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini dijalankan melalui aksi water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

Menurutnya, PLN Indonesia Power berkomitmen meningkatan perekonomian, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pelestarian lingkungan Indonesia. Atas aksi korporasi ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar pun memberikan apresiasi.

PLN IP UPDK Mahakam kuatkan program TJSL dengan melakukan Pembinaan, Peningkatan dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, Kesehatan dan lingkungan,” ucapnya.

Sumber: LIPUTAN6

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular