Tuesday, February 27, 2024
HomeBeritaPosyandu Lansia Asoka Jaga Masyarakat Tetap Sehat Dan Produktif

Posyandu Lansia Asoka Jaga Masyarakat Tetap Sehat Dan Produktif


Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Posyandu Lansia Asoka sebagai upaya pemerintah menghadirkan dan menjaga masyarakat lanjut usia (lansia) agar tetap sehat dan produktif.

“Kita berharap Posyandu Lansia ini bisa melayani lansia di Kota Pontianak, khususnya di Gang Nilam dan Gang Padi. Semoga lansia bisa sehat, produktif dan bahagia,” ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono usai meresmikan secara langsung Posyandu Lansia Asoka, Kamis.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan menyerahkan bantuan berupa pembinaan maupun makanan sehat. Ia menerangkan, lansia terbagi ke beberapa kategori mulai dari lansia, lansia tua sampai lansia sangat tua.

“Saya pesan, supaya Posyandu terus mengingatkan para lansia untuk berolahraga dan menjaga pola makan,” sebutnya.

Kesehatan mental dari lansia juga tidak kalah penting. Edi ingin Posyandu Lansia Asoka menjaga kondusifitas antarlansia, apalagi menjelang pesta demokrasi beberapa waktu mendatang.

“Kita memasuki tahun politik, mari jaga kondusifitas bersama,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Saptiko menambahkan bahwa selain bidang kesehatan semua pelayanan bisa diintegrasikan di Posyandu.

“Posyandu yang kita ketahui hanya untuk menimbang bayi dan balita tetapi sekarang di kesehatan Posyandu ini merupakan integrasi layanan terpadu bukan hanya di bidang kesehatan semua pelayanan bisa integrasi di Posyandu,” kata dia.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan di tempat tersebut dilaksanakan tidak setiap hari dan masyarakat dapat melakukan untuk pelayanan yang lainnya.

“Masyarakat dapat menggunakan tempat tersebut untuk semua pelayanan dan kegiatan seperti mengundang Capil untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Kartu Keluarga (KK),” ujarnya lagi.

“Kita mengapresiasi warga yang menyumbangkan peluncuran dana dan dari kelurahan membangun Posyandu ini, yang mulanya kumuh sekarang menjadi tertata rapi Posyandu ini sinyal untuk pos pelayanan terpadu,” katanya.

Ia menyebutkan, program layanan untuk Posyandu Lansia yakni senam untuk lansia atau pra lansia, pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan, pengobatan, konseling.

“Setiap masyarakat, RT, RW dan pengurus dari Posyandu bisa mengakomodasi permintaan masyarakat yakni ibu hamil, bayi balita dan lansia. Tercapainya target yaitu tidak ada kematian ibu melahirkan, bayi , dan tidak ada stunting, lansia penyakitnya tidak menular,” jelas dia.

Sumber: Antara Kalbar

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular