Saturday, April 20, 2024
HomeBerita7 Negara dengan Hari Libur Nasional Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

7 Negara dengan Hari Libur Nasional Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?


Hari libur nasional adalah hari yang ditetapkan pemerintah untuk beristirahat dan bebas dari pekerjaan maupun sekolah.

Berlaku bagi semua penduduk, masing-masing negara di dunia telah menetapkan hari libur nasional dalam setahun.

Misalnya, Indonesia telah menetapkan libur nasional sebanyak 16 hari sepanjang tahun, terdiri dari hari besar keagamaan dan peringatan nasional.

Hari libur tersebut belum termasuk cuti bersama, yang turut diatur dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Meski tampak banyak, ternyata masih ada sederet negara dengan hari libur lebih melimpah dari Indonesia. Lantas, mana saja negara dengan libur nasional paling banyak?

Negara dengan hari libur terbanyak

Dikutip dari laman World Population Review, hampir semua negara dan budaya merayakan libur nasional. Biasanya, hari libur ditetapkan berdasarkan perayaan atau peristiwa tertentu di dunia maupun negara tersebut.

Perayaan yang umum menjadi libur nasional di seluruh dunia adalah tahun baru Masehi. Selain itu, di beberapa negara, hari besar keagamaan seperti Natal dan Idul Fitri juga menjadi hari libur. Berikut negara dengan hari libur nasional terbanyak, dihimpun dari World Atlas:

  1. Kamboja

    Kamboja menetapkan libur nasional sebanyak 28 hari per tahun, terbanyak di seluruh dunia. Sebagian besar libur nasional di negara ini merupakan perayaan yang berkaitan dengan agama Buddha. Kamboja menggunakan kalender tradisional bernama Khmer, yang dibuat berdasarkan pergerakan Bulan.

    Namun, negara di kawasan Asia Tenggara ini masih mempertimbangkan penggunaan kalender Masehi berdasarkan Matahari. Oleh karena itu, hari libur nasional di Kamboja umumnya tidak akan jatuh pada tanggal yang sama setiap tahun.
  1. Sri Lanka

    Dengan 25 hari libur, Sri Lanka menduduki urutan kedua sebagai negara dengan libur nasional terbanyak di dunia. Banyaknya hari libur di negara ini tak lepas dari keberagaman agama dan budaya masyarakatnya. Didominasi perayaan Buddha, Sri Lanka turut menetapkan hari raya agama lain untuk menghormati kepercayaan Hindu, Muslim, Katolik, dan Kristen.
  1. India

    India, dengan mayoritas pemeluk agama Hindu, memiliki total 21 hari libur nasional dalam setahun. Tiga di antaranya merupakan hari libur utama sebagai Hari Kemerdekaan, Hari Republik, serta Hari Kelahiran Mahatma Gandhi.

    Selain perayaan hari libur negara, terdapat juga perayaan keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal. Namun, hari libur tersebut kembali bergantung pada kebijakan dan kebiasaan masing-masing wilayah.
  1. Kolombia

    Kolombia menetapkan 18 hari libur nasional dalam satu tahun. Sebagian besar hari tersebut merupakan libur Katolik dengan jumlah 12 hari, termasuk Minggu Palma dan Paskah. Sementara 6 hari libur lainnya diisi oleh hari libur negara, seperti Hari Buruh, Kemerdekaan, Hari Columbus, dan Tahun Baru.
  1. Hong Kong

    Menempati urutan keempat sebagai negara dengan libur terbanyak, Hong Kong tercatat memiliki 17 hari libur nasional. Dikutip dari laman www.gov.hk, hari libur nasional di wilayah ini termasuk Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Imlek, Natal, dan beberapa perayaan keagamaan lain. Selain itu, Hong Kong juga merayakan Hari Pembentukan Daerah Administratif Khusus setiap 1 Juli sebagai libur nasional.
  1. Indonesia

    Indonesia dengan total 16 libur nasional, masuk dalam daftar negara paling banyak libur di dunia. Libur nasional di Indonesia diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yang terdiri dari perayaan nasional, umum, serta keagamaan.

    Masing-masing hari peringatan dan perayaan keagamaan mendapatkan jatah libur satu hari, kecuali libur Idul Fitri yang ditetapkan sebanyak dua hari. Tak hanya libur nasional, setiap hari besar keagamaan juga diikuti dengan cuti bersama yang diatur dalam SKB 3 Menteri.
  1. Trinidad dan Tobago

    Trinidad dan Tobago, negara kepulauan yang terletak di laut Karibia bagian selatan, juga tercatat memiliki 15 hari libur nasional. Dilansir dari laman World Travel Guide, beberapa libur nasional di antaranya, yakni Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, Jumat Agung, Senin Paskah, dan Natal.

Sumber: Kompas

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular