Friday, June 21, 2024
HomeBeritaAdu Kencang Delapan Bank Konglomerat Indonesia, Laju BINA Salip BBCA

Adu Kencang Delapan Bank Konglomerat Indonesia, Laju BINA Salip BBCA


Bank-bank besar konglomerat Tanah Air mencatatkan pertumbuhan laba hingga dobel digit pada kuartal III/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pencapaian tersebut dinilai menjadi hal yang luar biasa di tengah tren suku bunga yang tinggi. 

Bank-bank yang dimiliki grup konglomerasi tersebut memiliki modal inti yang beragam mulai dari Klasifikasi Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) I dengan modal inti kurang dari Rp6 triliun, KBMI II memiliki modal inti Rp6 triliun – Rp14 triliun, KBMI III untuk modal inti Rp14 triliun – Rp70 triliun, dan KBMI IV dengan modal inti di atas Rp70 triliun.

Apabila diurutkan, aset BCA milik Hartono bersaudara tentu berada di posisi teratas dengan aset Rp36,4 triliun disusul oleh Bank Panin milik Mu’min Ali Gunawan yang membukukan Rp2,83 triliun pada kuartal III/2023 ini.

Namun, jika melihat pertumbuhan aset secara tahunan (year-on-year/yoy) hasilnya berbeda. Di mana, pertumbuhan tersebut menunjukkan seberapa cepat atau lambat pendapatan bersih atau laba suatu entitas meningkat dari satu periode ke periode lainnya.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin menilai pertumbuhan laba pada bank konglomerat disebabkan berbagai faktor. Mulai dari adanya dukungan grup usaha yang membuat aktivitas perbankan lebih aktif serta pengelolaan bank yang juga dilakukan dengan baik.

Di mana, ekosistem yang dimiliki seputaran itu bisa melempar kredit aman, menampung Dana Pihak Ketiga (DPK) murah dengan berbagai macam cara  yang menimbulkan potensi besar, sehingga punya aset hingga laba yang berkualitas. 

Sumber: Bisnis.com

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular