Sunday, May 19, 2024
HomeBeritaPwC Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi RI Tercepat Kedua di Kelompok Negara G20

PwC Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi RI Tercepat Kedua di Kelompok Negara G20

Jakarta – PwC Indonesia Investment Director Julian Smith memperkirakan ekonomi global akan sedikit melambat pada tahun 2023 ini. Meski begitu, ada sejumlah negara di Asia yang ekonominya tetap berkembang.

“Di 2023 India diperkirakan akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di G20 (5,4 persen). Diikuti Indonesia (4,8 persen), dan Cina (4,7 persen),” ujar Smith dalam konferensi pers virtual, Kamis, 9 Maret 2023.

Bagi Indonesia, menurut Smith, proyeksi angka pertumbuhan ekonomi di Tanah Air 4,8 persen tersebut lebih rendah dari pertumbuhan tahun 2022 yang mencapai 5,3 persen.

Namun pemerintah Indonesia tampak siap memitigasi potensi dampak buruk dari ketidakpastian ekonomi dengan terus mendorong investasi dan menegaskan komitmen menuju transisi hijau.

“Pertumbuhan ekonomi akan relatif terjaga di 2023, melihat performa ekspor, investasi, dan belanja rumah tangga yang kuat sepanjang tahun 2022,” tutur Smith.

Ekonomi Global Melambat tapi Terhindar dari Resesi

Sementara itu, PwC Global Economics Network Leader, Nick Forrest memperkirakan perekonomian global akan mengalami perlambatan meski bisa terhindar dari resesi global. Dalam hitungannya, ekonomi global tumbuh sebesar 1,9 persen pada 2023, atau sedikit lebih tinggi dari rata-rata tren jangka panjangnya di angka sekitar 3,5 persen. 

“Mayoritas negara G20 akan mengalami kondisi keuangan yang lebih ketat karena konsumen, dunia bisnis, dan pemerintah akan merasakan dampak kenaikan suku bunga,” ucap dia.

Selanjutnya, Forrest berujar, ekonomi dunia akan memasuki fase baru globalisasi dengan meningkatnya persaingan strategis di antara negara-negara besar di dunia. Dalam skala yang lebih luas, hal ini mencakup pemulihan beberapa sektor ekonomi secara bertahap. 

“Seiring dengan itu, menopang sektor-sektor lainnya dengan penyesuaian pada rantai pasokan antar negara,” kata Forrest.

Sumber : Tempo.co

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular