Sunday, April 21, 2024
HomeASEANDaya Tarik Labuan Bajo Mulai Terasa, Sebagian Besar Peserta KTT ASEAN 2023...

Daya Tarik Labuan Bajo Mulai Terasa, Sebagian Besar Peserta KTT ASEAN 2023 Bakal Kembali Berkunjung


Menparekraf Sandiaga Uno  mengatakan, sebanyak 87,6 persen delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 akan kembali mengunjungi Labuan Bajo di waktu mendatang.

Data tersebut diperoleh dari hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) terhadap 350 delegasi, dari total 600 orang delegasi yang hadir saat KTT ASEAN 2023 ini.

“87,6 persen akan kembali mengunjungi Labuan Bajo dan 80 persen akan merekomendasikan Labuan Bajo,” papar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Sementara terkait perputaran ekonomi selama gelaran KTT ASEAN 2023, berdasarkan data sementara Kemenparekraf, per delegasi ditafsir menghabiskan belanja sekitar 1.800 dollar AS.

Jumlah ini, kata dia, bila dikalikan dengan 1.000 peserta KTT ASEAN 2023, maka keseluruhan terjadi perputaran ekonomi mencapai 1,8 juta dollar AS.

“Ini kita mengekstrapolasi dari spending yang biasa kita hitung di setiap kegiatan MICE yaitu sekitar 1.800 dollar AS per pax. Kalau 1.000 (peserta), mencapai angka 1,8 juta dollar AS dari total spending,” ucapnya.

Ditambah lagi, ada pula nilai ekonomi dari media exposure (media value) yang bila dihitung kasar mencapai 75 juta dolar Amerika Serikat, atau setara sekitar Rp 1 triliun.

Hal inilah, kata Sandiaga, yang turut membuktikan kesuksesan pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, serta membawa dampak positif terhadap perekonomian setempat.

“Penyelenggaraan event ini memberikan dampak yang sangat positif terhadap perekonomian setempat, destinasi terbangun juga UMKM terberdayakan dan event menjadi kekuatan tersendiri sebagai sarana promosi untuk menarik wisatawan datang berkunjung,” tutur dia.

Source: tribunnews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular