Tuesday, February 27, 2024
HomeGaya HidupBepergian10 Daftar Makanan Khas Kalimantan Selatan, Selain Soto Banjar

10 Daftar Makanan Khas Kalimantan Selatan, Selain Soto Banjar


Jika Anda sedang bertandang di Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk menikmati makanan khas Kalimantan Selatan. Ada sejumlah makanan khas Kalimantan Selatan yang dapat menjadi pilihan santap.  Soto Banjar adalah salah satu makanan populer di Kalimantan Selatan. Soto ayam berempah ini disantap dengan soun, perkedel kentang, telur, dan ayam suwir dalam mangkuk.

Namun masih banyak makanan khas lainnya yang tidak kalah nikmat. Makanan khas Kalimantan Selatan berasal dari sejumlah wilayah di provinsi tersebut. Sebagian makanan khas berbahan baku ikan yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Berikut ini adalah sejumlah makanan khas Kalimantan Selatan.

1 Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan adalah salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Baca juga: Sejarah Soto Banjar, Makanan yang Lahir dari Pertemuan 5 Budaya Nama ketupat kandangan tidak lain mengacu pada nama asal makanan khas tersebut yang tidak lain berasal dari Kota Kandangan, ibu kota Kabupaten Hulu sungai Selatan, kota tempat bermukim sub etnis Banjar.

Ketupat kandangan biasanya disantap dengan lauk kepala ikan gabus (haruan), bagian daging haruan, atau ekor haruan. Namun ada juga pengunjung yang mencari parut haruan panggang sebagai lautk, yakni makanan yang berasal dari jeroan ikan haruan, seperti perit, telur ikan, hati, limpa, maupun bahan lainnya dari perut ikan.

Lauk berbahan ikan haruan tersebut dibersihkan dan diberi bumbu, kemudian dibakar seperti sate. Lauk lainnya berupa telur bebek asin. Ketupat kandangan paling nikmat disantap tanpa menggunakan sendok. Ketupat diremas-remas, disiram, dengan kuah bersantan, dan disantap menggunakan ikan serta sambal.

2. Lontong Orari

Lontong orari merupakan makanan khas kalimantan Selatan yang terkenal dengan porsinya yang besar. Lontong yang digunakan memiliki bentuk khas, yaitu segitiga, dengan ukuran dua kali lipat ukuran lontong Banjar pada umumnya. Makanan khas ini disantap dengan aneka lauk berbumbu habang (bumbu merah) dengan rasa gurih manis. Lauk sebagai padanannya biasanya berupa telur, ikan haruan (ikan gabus), bebek rebus, ayam goreng, dan sayur nangka.

Satu porsi lontong orari biasanya disajikan dengan dua lontong, disiram kuah santan, dan lauk sesuai selera.

3. Amparan Tatak

Amparan tatak merupakan makanan khas Kalimantan Selatan. Makanan khas tersebut berupa kue basah berbahan dasar santan, gula, tepung beras, gula, dan pisang. Jajanan manis ini banyak ditemukan di pasar pada bulan Ramadhan. Dengan tekstur lembut bercita rasa gurih manis, hidangan ini cocok untuk buka puasa.

4. Dodol Kandangan

Dodol kandangan adalah makanan khas yang berasal dari Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Sepanjang jalan provinsi yang melewati Kota Kandangan akan ditemukan banyak warung makan yang menawarkan dodol kandangan. Dodol kandangan terbuat dari ketan, kelapa, gula aren atau gula merah, dan gula pasir. Bahan-bahan tersebut membuat dodol memiliki cita rasa manis.

5. Gangan Asam Banjar

Gangan asam Banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan berupa sayur khas Banjar. Bahan untuk membuat gangan asam Banjar berupa ikan patin atau ikan gabus (ikan haruan) yang banyak ditemukan di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Gangan asam Banjar memiliki cita rasa gurih, sedikit asam, dan segar. Kuah sayuran berwarna kuning dengan isi berupa kacang, kubis, timur, dan ikan. Gangan asam biasa disantap dengan nasi putih.

6. Cacapan Asam

Cacapan asam adalah sejenis acar khas Banjar. Rasanya asin, asam, dan pedas. Bahan baku cacapan asam berupa irisan bawang merah, garam, bumbu penyedap rasa, asam Jawa, cabai rawit, buah-buahan berasa asam (asam, gandaria muda, mangga muda, binjai, maupun belimbing wuluh), terasi yang telah dibakar, dan sedikit air.

Cacapan asam biasanya menjadi makanan pendamping untuk kuliner khas Banjar yang dimasak dengan proses dibakar, direbus, dan diasinkan atau digoreng. Makanan ini tidak dijual di warung melainkan dibuat sendiri di rumah-rumah orang Banjar.

7. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam atau iwak samu merupakan makanan khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Makanan khas ini dibuat dengan bahan baku pakasam atau ikan air tawar yang difermentasikan. Ikan yang digunakan antara lain jenis ikan seluang, anak ikan puyau, ikan sepat, dan lilimbihayam. Ikan tersebut diawetkan dengan garam dan beras ketan yang telah disangrai sehingga cita rasanya sedikit asam.

Proses fementasi dilakukan saaat hasil tangkapan melimbah sehingga dapat dikonsumsi dalam kurun waktu lama.

8. Gangan Humbut

Gangan humbut merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang bahan utamanya menggunakan iga sapi. Bahan baku tersebut dimasak dengan aneka bumbu rempah dan sayur rebung. Cita rasa yang dihasilkan segar dan gurih. Gangan humbut biasanya disajikan pada saat hajatan dan menjadi menu buka puasa di bulan ramadan.

9. Sate Tulang

Makanan khas Kalimantan Selatan lainnya yang tidak kalah menarik adalah sate tulang. Sate tulang menggunakan bahan baku punggung ayam muda yang diberi bumbu khas Banjar bercita rasa manis, asam, dan pedas.

10. Ipau Ipau

Ipau ipau atau wadai ipau biasa disebut pizza Banjar. Makanan khas ini mirip lasagna berbentuk bulat dengan taburan daging di bagian atasnya. Ipau merupakan kudapan tradisional orang Arab di Kelurahan Antasan Kecil Barat (Akaba) atau disebut juga kampung Arab Banjarmasin. Cita rasa ipau berupa manis dan gurih. Rasa manis berasal dari saus santan dan gurihnya berasal dari lempengan ipau.

Source: kompas

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular