Tuesday, February 27, 2024
HomeBudayaGelorakan Budaya Gelar Baca, Dinas Perpussip Mempawah Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

Gelorakan Budaya Gelar Baca, Dinas Perpussip Mempawah Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD


Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpussip) Kabupaten Mempawah menggelar Lomba Bercerita bagi siswa SD dan MI se-Kabupaten Mempawah Tahun 2023 di Wisma Chandramidi Mempawah pada Selasa 30 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Mempawah Erlina tersebut mengangkat Tema “Menumbuhkembangkan karakter, kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui bercerita”.

Kegiatan diikuti para peserta dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Mempawah dengan total jumlah peserta sebanyak 27 peserta dari SD dan MI se-Kabupaten Mempawah.

Diketahui, lomba bercerita merupakan salah satu bentuk menggelorakan minat baca anak-anak di Kabupaten Mempawah.

Kepala Dinas Perpussip Nurmala mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005.

“Dengan bertujuan meningkatkan kegemaran membaca pada anak-anak usia dini dan anak sekolah serta membentuk daya pikir dan daya emosional serta kemampuan daya imajinasi,” katanya.

Nurmala melanjutkan kegiatan ini juga berusaha membentuk anak-anak dalam berkemampuan kreativitas sehingga membentuk anak berkemampuan intelektual dan kemampuan religius.

Sehingga akan tumbuh anak-anak yang mampu bercerita secara akurat mengenai cerita kearifan lokal sehingga menjadi memori kolektif bangsa.

“Kegiatan juga berupaya agar anak-anak lebih mampu mempunyai pola pikir yang teliti dan cermat,” tambahnya.

Ia melanjutkan materi perlombaan kegiatan ini ialah cerita-cerita rakyat yang ada di Kalimantan Barat.

“Para peserta bebas memilih dengan kriteria penilaian terhadap penampilan, penguasaan materi, dan skill atau kemampuan para peserta,” terangnya.

Source: tribunnews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular