Saturday, April 13, 2024
HomeAsiaFBI Curiga TikTok Bisa Dipakai China Kontrol Data Jutaan Warga AS

FBI Curiga TikTok Bisa Dipakai China Kontrol Data Jutaan Warga AS


Direktur FBI Christopher Wray menyebut pemerintah China dapat menggunakan TikTok untuk mengontrol data jutaan pengguna Amerika.


Hal itu ia sampaikan pada sidang Senat AS yang dilaksanakan pada Rabu 8/3).

Ia menambahkan kontrol bisa terjadi karena aplikasi video milik China itu memiliki masalah keamanan. Wray menambahkan kepada Komite Intelijen Senat bahwa pemerintah China juga dapat menggunakan TikTok untuk mengontrol perangkat lunak pada jutaan perangkat dan mendorong narasi untuk memecah belah orang Amerika atas Taiwan atau masalah lainnya.

“Ya, dan saya akan menekankan hal yang terakhir itu, khususnya, bahwa kami tidak yakin bahwa kami akan melihat banyak tanda lahiriah dari hal itu terjadi jika itu terjadi,” kata Wray seperti dikutip dari Reuters, Kamis (9/3).

“Ini adalah alat yang pada akhirnya berada dalam kendali pemerintah China dan bagi saya TikTok adalah masalah keamanan nasional,” tambahnya.

Amerika memang belakangan ini memberikan perhatian lebih pada TikTok. Gedung Putih bahkan baru-baru ini mendukung undang-undang yang diperkenalkan Senat pada Selasa (7/3) lalu.

Maklum, uu itu bakal memberi kekuasaan baru kepada pemerintahan Presiden Joe Biden untuk melarang TikTok dan teknologi berbasis asing lainnya jika mereka menimbulkan ancaman keamanan nasional.

Dukungan tersebut mendorong upaya sejumlah anggota parlemen untuk melarang aplikasi populer yang dimiliki oleh perusahaan China ByteDance dan digunakan oleh lebih dari 100 juta orang Amerika.

SourceCNN
RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular