Saturday, May 18, 2024
HomeBeritaGenerasi Muda Kalimantan Terancam Semenjak Berdirinya IKN, Senator Beri Pesan Begini

Generasi Muda Kalimantan Terancam Semenjak Berdirinya IKN, Senator Beri Pesan Begini


AYOBANDUNG.COM – Senator Agustin Teras Narang, wakil dari Kalimantan Tengah (Kalteng), menekankan pentingnya persiapan seluruh lapisan masyarakat di Pulau Kalimantan, terutama generasi muda, menghadapi pemindahan ibu kota negara ke Nusantara.

Pemindahan ini diprediksi akan membawa dampak besar terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan kompetisi di wilayah tersebut.

Menurutnya, keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan akan menjadi sumber persaingan yang lebih intens dengan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Tanpa pemindahan tersebut, persaingan tetap akan ada dalam kehidupan kita, namun dengan adanya IKN di Pulau Kalimantan, persaingan ini akan semakin signifikan,” ujarnya seperti dilansir dari Suara.

Senator Teras Narang menegaskan bahwa persaingan tidak dapat dihindari, terutama dengan pertumbuhan ekonomi dan perubahan sosial yang akan diakibatkan oleh keberadaan IKN.

Oleh karena itu, ia mendorong agar masyarakat Pulau Kalimantan, terutama yang berasal dari masyarakat adat atau masyarakat Dayak, memiliki kecerdasan dan daya saing yang tinggi untuk menghadapi dinamika ini.

“Kami sangat mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas diri, termasuk melalui pelatihan kaderisasi di organisasi kepemudaan dan masyarakat Pulau Kalimantan,” jelasnya.

Sebagai mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015, Teras Narang juga menggarisbawahi pentingnya melibatkan masyarakat adat dalam proses pembangunan IKN.

Ia berharap agar mereka tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga menjadi bagian integral dari pembangunan ini.

Teras Narang juga mengajak kelompok masyarakat berintelektual, seperti Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya, untuk berkolaborasi dengan masyarakat lokal dan adat dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Pulau Kalimantan.

“Kita semua perlu mengawal pembangunan IKN dengan cerdas dan bijaksana, dengan tetap menjunjung semangat 5K, yaitu Kritis, Konstruktif, Konstitusional, Kesantunan, dan Kebersamaan,” tegasnya.

Pemindahan ibu kota negara adalah momentum besar yang membutuhkan kesiapan seluruh komponen masyarakat.

Dengan kolaborasi dan persiapan yang baik, generasi muda Kalimantan Tengah dapat menjawab tantangan ini dengan lebih baik dan mengoptimalkan potensi yang ada untuk kemajuan bersama.

Sumber: ayobandung.com

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular