Sunday, June 23, 2024
HomeBeritaInggris Buka Pangkalan Militer di Norwegia untuk Perkuat NATO

Inggris Buka Pangkalan Militer di Norwegia untuk Perkuat NATO


Inggris mengumumkan pembukaan pangkalan militer di ujung utara Norwegia. Ini dilakukan untuk memperkuat kemampuan NATO di Arktik di tengah kekhawatiran setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (9/3/2023), Angkatan Laut Kerajaan Inggris menyatakan pada Rabu (8/3) waktu setempat, pangkalan militer di Norwegia yang baru didirikan itu, yang disebut Kamp Viking, akan berfungsi sebagai pusat Komando Marinir Kerajaan.

Dalam pernyataannya, Angkatan Laut Inggris menyebut pasukan Komando Marinir Kerajaan itu sebagai “ujung tombak Arktik” dan “unit yang akan digunakan Inggris ketika membutuhkan pasukan yang mampu bertarung dalam cuaca dingin ekstrem.”

“Basis operasi Arktik baru akan mendukung komando Inggris selama 10 tahun ke depan seiring Inggris menggarisbawahi komitmennya terhadap keamanan di High North,” tambah pernyataan itu.

Norwegia, yang berbatasan dengan Rusia, menolak untuk menjadi tuan rumah pangkalan permanen untuk tentara asing, jadi Kamp Viking akan tetap terbuka hanya selama satu dekade.

Pangkalan yang dibangun khusus, yang terletak sekitar 40 mil (65 kilometer) di selatan Tromso tersebut, akan dapat mengakomodasi semua personel dari pasukan Marinir Kerajaan yang dipimpin oleh komando elit yang bereaksi terhadap krisis yang muncul di Eropa.

“Lokasi kamp sangat ideal untuk menghalangi ancaman di wilayah tersebut sehingga Inggris dapat merespons dengan cepat jika diperlukan untuk melindungi sisi utara NATO dan sekutu dekatnya, Norwegia,” kata pernyataan Angkatan Laut Inggris.

Sekitar seribu personel komando telah dikerahkan ke pangkalan tersebut musim dingin ini.

Dalam komentar kepada AFP, Kementerian Pertahanan Norwegia mengatakan fasilitas itu sebelumnya telah digunakan oleh sekutu-sekutu NATO dan kemudian oleh Marinir Belanda.

“Kamp ini adalah milik Norwegia dan dibiayai melalui infrastruktur dan dana operasional Norwegia,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Norwegia.

Norwegia, salah satu anggota pendiri NATO, kerap menjadi tuan rumah pasukan Sekutu untuk pelatihan tempur dalam cuaca dingin ekstrem.

Negara Nordik itu, telah memasok Ukraina dengan berbagai peralatan militer, termasuk artileri dan amunisi.

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular