Tuesday, February 27, 2024
HomeFlora & FaunaJelajah Taman Nasional Gunung Palung, Rumah Orangutan Di Kalimantan Barat

Jelajah Taman Nasional Gunung Palung, Rumah Orangutan Di Kalimantan Barat


Kalimantan punya banyak kawasan hutan yang masih asri dan jadi habitat asli hewan yang dilindungi. Salah satunya tempat yang satu ini, nih.

Adalah Taman Nasional Gunung Palung. Taman nasional ini berada di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Puncak tertingginya berada di Gunung Palung dengan ketinggian 1.116 mdpl. Pada tahun 1937, kawasan hutan Gunung Palung ditetapkan sebagai cagar alam dengan luas 300 km persegi. Luasnya pun bertambah menjadi 900 km persegi pada tahun 1981 dan statusnya ditingkatkan menjadi suaka margasatwa. Akhirnya pada Maret 1990, hutan Gunung Palung ditetapkan sebagai taman nasional.

Pengin menjelajahi hutan belantara di Taman Nasional Gunung Palung? Simak dulu ulasannya berikut ini, Superfriends.

Ada Apa Aja di Taman Nasional Gunung Palung?

Taman Nasional Gunung Palung jadi salah satu taman nasional yang punya ekosistem terlengkap dibanding taman nasional lainnya di Indonesia. Lo bisa lihat beberapa jenis vegetasi di taman nasional ini, yaitu vegetasi rheofite, hutan gambut, hutan mangrove, hutan rawa, hutan tanah alluvial, hutan hujan tropika dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan hutan sub-alpine. Nggak heran kalau Taman Nasional Gunung Palung punya peran penting sebagai salah satu ekosistem bio-diversitas terkaya di dunia.

Salah satu hewan yang bisa lo temui di sini yaitu orangutan. Nggak tanggung-tanggung, ada sekitar 2.500 ekor orangutan yang tinggai di Taman Nasional Gunung Palung, lho. Sejak tahun 2003, masyarakat sekitar yang tergabung dalam Orangutan Protection & Monitoring Units (OPMU) pun ikut membantu mengamankan dan melindungi orangutan dan habitatnya. Aktivitas mereka pun dapat perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya Fauna & Flora International, lembaga konservasi yang berbasis di Inggris. Keren banget, ya!

Selain orangutan, masih banyak hewan lain yang bisa lo temui di Taman Nasional Gunung Palung, seperti bekantan, kijang mini, tupai kenari, rusa hutan, beruang madu, dan lain sebagainya. Ada juga aneka flora unik, salah satunya anggrek hitam yang eksotis. Bunga yang tumbuh di sekitar Sungai Matan tersebut biasanya mekar pada bulan Februari sampai April.

Nggak cuma lihat flora dan fauna aja, Superfriends. Taman Nasional Gunung Palung juga punya destinasi wisata yang patut lo eksplorasi. Ada Bukit Peramas, Air Terjun Lubuk Baji, dan Air Terjun Riam Berasap.

Cara Menuju Taman Nasional Gunung Palung

Buat menuju Taman Nasional Gunung Palung, lo bisa naik pesawat dari Pontianak menuju Ketapang kurang lebih selama satu jam. Dari bandara Ketapang, lanjut ke Teluk Melano melalui jalur darat selama dua jam. Belum selesai sampai itu, Superfriends. Lo harus melanjutkan perjalanan lagi naik long boat selama enam jam buat sampai ke Taman Nasional Gunung Palung.

Perjuangan lo menempuh perjalanan berjam-jam bakal terbayar sama panorama indah di Taman Nasional Gunung Palung. Lo juga disambut sama suara orangutan yang samar-samar terdengar dari kejauhan. Tertarik traveling ke taman nasional ini, Superfriends?

Source: Superlive

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular