Tuesday, February 27, 2024
HomeBeritaBerikut Daftar Ketua Umum Partai Politik Terkaya!

Berikut Daftar Ketua Umum Partai Politik Terkaya!


Pemilihan Umum 2024 semakin panas menjelang 55 hari pesta demokrasi yang termasuk Pemilihan Presiden dan Legislatif. Salah satu data yang tidak kalah menarik dan sering disoroti ialah harta kekayaan ketua umum partai parlementer. Lantas, apakah kekayaan Ketua Umum partai mempengaruhi kemenangan 

Berikut daftar harta kekayaan 9 ketua umum partai parlemen yang diambil dari berbagai sumber berdasarkan data terbaru.

Data tersebut menunjukkan hanya terdapat 3 Ketua Umum partai parlemen yang memiliki kekayaan mencapai triliunan. Nama-namanya diantaranya adalah Surya Paloh dari NasDem, Prabowo Subianto dari Gerindra, dan Muhammad Mardiono dari PPP.

Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem tercatat memiliki kekayaan terbesar mencapai Rp 8,7 triliun. Kemudian, Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra mempunyai kekayaan mencapai Rp 2 triliun. Muhammad Mardiono yang merupakan Ketua Umum PPP memiliki kekayaan Rp 1,2 triliun.

Kendati demikian, kekayaan sosok ketua partai belum tentu dapat membawa dirinya memenangi ajang kontestasi politik, seperti yang dialami Prabowo Subianto dalam 4 Pilpres terakhir.

Ketua Umum suatu partai memiliki peran penting dalam menentukan arah, visi, dan misi suatu partai. Berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat kemenangan suatu partai dan calon kandidat yang diusung. 

Namun, kemenangan partai akan kembali ditentukan dari perolehan suara dari hasil pemilihan nanti. Sebagai gambaran, berikut daftar parpol yang memperoleh kursi dari setiap paslon dalam Pemilu 2019.

CNBC INDONESIA RESEARCH

Sumber: CNBC Indonesia

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular