Friday, December 1, 2023
Google search engine
HomeBeritaKondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta

Jakarta: Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Seperti ini letak dan kondisi geografis pulau Kalimantan.
 
Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau seribu sungai karena banyaknya sungai yang mengalir di sana. Dalam dunia international, pulau Kalimantan disebut Borneo yang merupakan nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau tersebut secara keseluruhan.

Letak Astronomis Pulau Kalimantan

Letak astronomis Pulau Kalimantan berada di 7° Lintang Utara (LU) sampai 4° Lintang Selatan (LS) dan 108° Bujur Barat (BB) sampai dengan 119° Bujur Timur (BT). Letak tersebut berdasarkan dengan titik koordinat lokasinya.
 

Letak Geografis Pulau Kalimantan

Letak geografis Pulau Kalimantan terbagi menjadi batas darat dan laut. Ada yang berbatasan langsung dengan negara lain.

Untuk batas laut, terdiri dari bagian selatan berbatasan dengan laut jawa, sebelah timur dengan Selat Makassar, sebelah barat dengan Selat Karimata, dan sebelah utara tidak ada karena berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. 

Untuk batas darat, terdiri dari sebelah utara yang berbatasan dengan Negara Malaysia dan Brunei Darussalam, sebelah selatan dengan Pulau Jawa, Pulau Madura, dan Pulau Bali, sebelah timur dengan Pulau Sulawesi, dan sebelah barat dengan Kepulauan Bangka Belitung.

Kondisi Geografis

Secara geografis, Pulau Kalimantan memiliki ukuran pulau yang mencapai 743.330 kilo meter persegi. Diketahui bahwa sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan adalah daratan rendah yang terdiri dari lahan gambut dan hutan hujan tropis.

Sumber : Medcom.id

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular