Sunday, May 19, 2024
HomeBeritaKorban Jastip Tiket Konser Coldplay Lapor Polisi, Kerugian Rp200 Juta

Korban Jastip Tiket Konser Coldplay Lapor Polisi, Kerugian Rp200 Juta


Korban penipuan jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay membuat laporan ke Polda Metro Jaya, Selasa (30/5). Korban mengaku merugi hingga Rp200 juta.

Epta Inggie Artha selaku korban sekaligus pelapor mengatakan penipuan yang dialaminya tak hanya terkait tiket konser Coldplay. Tetapi juga konser personel BTS, Suga.

“Saya melaporkan dugaan penipuan pembelian tiket Coldplay dan Suga personel BTS dengan nominal pribadi saya sekitar Rp200 juta. Uang tersebut berasal dari banyak orang yang aku bawa,” kata Inggie di Jakarta.

Inggie menyebut ada banyak orang yang ia ajak untuk membeli tiket lewat jastip.

Bahkan, ia mengklaim orang-orang yang ia ajak berasal dari berbagai kalangan seperti influencer, wartawan, polisi pengusaha hingga mantan finalis Putri Indonesia.

Inggie menerangkan aksi penipuan yang dialaminya berasal saat ia berkomunikasi dengan AAE, teman satu almameter kampus.

AAE, kata dia, kerap menerima jastip tiket konser.

Lantaran mengetahui latar belakang AAE, Inggie pun percaya dan akhirnya menggunakan jastip yang ditawarkan oleh yang bersangkutan.

“Saya ditawari mau ngambil tiket Suga BTS, karena sudah merasa kenal aku langsung order 5 tiket aku sama teman-teman aku,” ucap Anggie.

Setelahnya, terlapor menjanjikan korban untuk menyerahkan tiket fisik pada 25 Mei atau satu hari jelang konser Suga BTS di ICE BSD.

Namun, sebelum penyerahan tiket konser Suga BTS itu terlaksana, terlapor kembali menawarkan Inggie jastip tiket konser Coldplay.

“Keluar war [ticket] Coldplay dia langsung ngabarin aku, nawarin kamu mau enggak. Kalau mau buruan ya, karena aku enggak dapat banyak selot, dia bilang nge-war juga tapi kode kayak kode referral,” tutur Inggie.

Inggie menyebut terlapor mengaku memiliki semacam kode referral yang digunakan untuk membeli tiket Coldplay. Dengan kode itu, pelaku mengklaim bisa masuk lebih dulu ke dalam sistem dibanding orang lain.

Tak menaruh curiga, Inggie pun kembali menggunakan jasa terlapor. Setelah masa pembelian selesai, terlapor pun mengaku sudah berhasil membeli 24 tiket Coldplay sesuai pesanan Inggie.

“Sambil menelpon dia bilang ‘mbak saya gemeret banget nih akhirnya tiket yang kamu pesan banyak banget itu dapet juga’,” ucap Inggie.

Namun, satu hari jelang janji temu, Inggie tak bisa menghubungi terlapor. Buntutnya, Inggie pun melaporkan aksi penipuan ini ke pihak berwajib.

“Karena dia bawa uang enggak sedikit kan,” kata Inggie.

Laporan ini diterima dengan nomor LP/B/2862/V/2023 SPKT Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu pihak pelapor atas nama Epta Inggie Artha dan pihak terlapor AAE.

Inggie melaporkan terkait dugaan tindak pidana penipuan/perbuatan curang UU Nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP sebagaimana dimaksud dengan Pasal 378 KUHP.

Source: cnnindonesia

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular