Wednesday, February 1, 2023
Google search engine
HomeCultureMengenal Buah Manau Asli Kalimantan yang Punya Banyak Manfaat

Mengenal Buah Manau Asli Kalimantan yang Punya Banyak Manfaat

Buah manau atau Calameae merupakan salah satu buah asal Indonesia. Pohon dari buah ini memiliki warna batang hijau kekuningan dengan diameter 2,5 – 4,0 centimeter.

Batangnya merambat di antara ranting pohon dan memiliki jenis daun yang bervariasi, mulai dari lanset hingga bulat. Bagian pelepah dan tangkai buah ini diselimuti duri tajam.

Pohonnya memiliki bunga yang tersusun berbentuk untaian yang memanjang serta menggantung. Sementara ukuran buahnya mencapai 3 cm dan memiliki kulit yang bersisik dengan bentuk lonjong.

Buah manau banyak tersebar di Indonesia seperti Kepulauan Belitung, Kalimantan, dan Sumatera. Pohonnya tumbuh di area hutan hujan, lahan gambut dan perbukitan dengan ketinggian 430 – 550 mdpl.

Melansir dari akun twitter@PSEKP_KEMENTAN, manau merupakan buah langka yang memiliki rasa masam serta manis. Biasanya buah langka ini dijadikan asinan oleh masyarakat pulau Kalimantan.

Untuk sekali panen, buah yang dihasilkan berkisar 15-25 kilogram. Selain itu, buah ini mengandung zat besi dan kalsium yang dapat dijadikan sebagai pemeliharaan kesehatan otot, menjaga kepadatan tulang dan kesehatan gigi.

Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian kandungan kalorinya dapat dijadikan sumber energi.

Tidak hanya buahnya, batang pohon manau juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan rangka kursi, meja, tempat tidur, sofa, dan furnitur lainnya. Kayunya dikenal memiliki kualitas kelenturan dan tahan lama sehingga sering dijadikan cinderamata anyaman dengan kualitas tinggi.

Sourceliputan 6
RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular