Wednesday, February 28, 2024
HomeBeritaPemkot Singkawang Cegah Inflasi Dengan Salurkan 1.630 Paket Sembako

Pemkot Singkawang Cegah Inflasi Dengan Salurkan 1.630 Paket Sembako


Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, melalui  Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM berupaya mencegah inflasi di kota itu dengan kembali melakukan operasi pasar yang menyediakan 1.630 paket sembako murah.

“Pada operasi pasar tahap IV ini, kami menyiapkan 1.630 paket yang telah disebar ke masyarakat mulai Rabu kemarin. Kegiatan operasi pasar ini dilaksanakan di Pasar Semi Modern Alianyang dan hari ini, berlanjut di depan Puskesmas Pasar, Jalan Salam Diman Singkawang,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang Muslimin di Singkawang, Kamis.

Dia menyatakan bahwa operasi pasar ini bertujuan untuk mengatasi inflasi daerah dan membantu masyarakat menghadapi tren kenaikan harga. Inflasi di Kota Singkawang dilaporkan mencapai tingkat yang cukup tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Dengan operasi pasar, Muslimin berharap dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menurunkan harga-harga di pasar lokal.

Paket-paket yang ditawarkan dalam operasi pasar ini terdiri dari beras premium sebanyak 5 kg, gula pasir sebanyak 2 kg, dan minyak goreng sebanyak 2 liter. Harga yang ditawarkan untuk satu paket adalah sebesar Rp91.100.

“Dengan harga yang terjangkau, diharapkan paket-paket ini dapat membantu masyarakat mengatasi beban ekonomi akibat naiknya harga-harga kebutuhan pokok,” tuturnya.

Menyikapi situasi ekonomi yang sedang mengalami tantangan, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Singkawang berkomitmen untuk terus mengadakan operasi pasar secara rutin.

Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari peran aktif pemerintah daerah dalam mendukung stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat kota. Selain itu, dengan menggelar operasi pasar secara berkala, diharapkan dapat menciptakan ketenangan dan kepastian di pasar lokal, serta mengurangi tekanan inflasi di wilayah tersebut.

Para pedagang di Pasar Semi Modern Alianyang dan sekitarnya juga merespons positif langkah ini, karena operasi pasar tidak hanya membantu masyarakat tetapi juga memberikan peluang usaha bagi mereka.

Keterlibatan para pedagang lokal dalam distribusi paket-paket kebutuhan ini memberikan manfaat ganda, baik untuk para konsumen maupun perekonomian daerah secara keseluruhan.

“Kami berharap dapat memperkuat sinergi dengan berbagai pihak terkait dan menciptakan kondisi perekonomian yang lebih stabil dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang,” katanya.

Sumber: Antara Kalbar

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular