Sunday, June 23, 2024
HomeAsiaYogyakarta Buat Paket Khusus untuk Jelajahi Kotabaru di Malam Hari

Yogyakarta Buat Paket Khusus untuk Jelajahi Kotabaru di Malam Hari

Yogyakarta – Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta bersiap meluncurkan paket wisata bertajuk Museum Night Fun Walk pada pertengahan 2023. Paket wisata ini akan dimulai bulan Juni nanti dan ditawarkan setiap hari Jumat sebagai awal.

Paket yang dikemas dalam bentuk wisata malam hari itu menawarkan keindahan sudut-sudut kawasan Kotabaru yang selama ini dikenal sebagai satu sentra kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta. Misalnya saja, dalam paket itu wisatawan akan diajak tur ke Museum Sandi untuk melihat sejarah dan tokoh-tokoh penemu sandi.

Ada juga sesi bersepeda mengelilingi Kota Baru di malam hari dan paket wisata lainnya. Rencananya, paket itu akan dibatasi hanya 10-12 orang. 

“Kotabaru sangat mendukung untuk lahirnya paket wisata malam ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Kamis, 11 Mei 2023.

Kotabaru merupakan permukiman elit Belanda yang sudah ada sejak masa pemerintahan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas publik yang tertata dibanding kawasan lain di Kota Yogya, mulai dari pendidikan, fasilitas olahraga, rumah sakit, tempat beribadah sampai kuliner.

“Wisatawan bisa lebih terarah dan terencana untuk menikmati sensasi suasana malam di Kotabaru dengan paket wisata ini,” kata Yetti. “Paket ini tentu akan kami buat agar lebih fun dan menyenangkan, misalnya dengan berbagai tawaran kuliner, pilihan destinasi, games dan lainnya.”

Paket wisata malam di Kotabaru itu dilahirkan agar semakin banyak alternatif wisata di Kota Yogyakarta. “Jadi wisata tidak hanya di Malioboro saja, karena ada sudut lain di Yogya yang tak kalah menarik saat malam hari,” kata Yetti.

Adapun Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta yang juga Ketua Forum Komunikasi Kotabaru, Aman Yuriadijaya mengatakan paket Museum Night Fun Walk Kotabaru ini menjadi satu terobosan mengungkit daya tarik wisatawan yang menghabiskan malam hari di Yogya secara ekslusif. “Kotabaru memuat empat unsur yaitu garden city, indische, premium, dan malam hari, semua unsur itu dimasukkan dalam paket ini,” kata dia.

Selain itu, nantinya keberlangsungan Museum Night Fun Walk Kotabaru juga akan dipertimbangkan dalam sisi pengamanan dengan menggandeng unit pelaksana tugas (UPT) Kawasan Cagar Budaya dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. “Kami kaji juga titik rentan terhadap keamanan, monitoring jelas dilakukan ketika paket berjalan,” kata Aman.

Adapun Kepala Museum Sandi Kota Yogyakarta Setyo Budi Prabowo mengatakan sampai saat ini, pengunjung museum setiap bulannya tercatat sekitar 1000 orang. “Adanya paket Museum Night Fun Walk Kotabaru ini semoga mendongkrak kunjungan saat malam hari,” kata dia.

SourceTempo
RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular