Sunday, May 19, 2024
HomeBisnisArab Saudi Naikkan Harga Minyak untuk Eropa dan Asia Akibat Permintaan yang...

Arab Saudi Naikkan Harga Minyak untuk Eropa dan Asia Akibat Permintaan yang Terus Meningkat


Raksasa energi Arab Saudi Aramco telah mengumumkan akan menaikkan harga pengirimannya untuk Asia dan Eropa untuk April karena melihat permintaan di sana meningkat.Pada Rabu, 8 Maret 2023.

Aramco mengungkapkan pada hari Minggu, 5 Maret 2023, bahwa harga untuk minyak mentah Arab Light andalannya akan naik hingga $ 2,50 per barel di atas patokan regional yang 50 sen lebih tinggi dari level untuk Maret.

Harga jual resmi untuk Arab Heavy terkait minyak mentah yang mengandung lebih banyak sulfur daripada Arab Light akan dinaikkan sebesar $ 2,50 per barel mulai Maret.

Ini adalah bulan kedua berturut-turut bahwa perusahaan minyak terbesar di dunia telah menaikkan harga untuk pasar terbesarnya di Asia.

Aramco menjual sekitar 60 persen dari pengiriman minyak mentahnya ke benua tersebut dan kebanyakan dari mereka di bawah kontrak jangka panjang dengan harga yang ditinjau setiap bulan.

Produsen Saudi itu juga mengatakan bahwa harga untuk Eropa Barat Laut dan Mediterania akan naik sebanyak $ 1,30 per barel, sementara harga untuk pelanggan AS akan dibiarkan tidak berubah.

“Permintaan dari China sangat kuat,” kata chief executive officer Aramco Amin Nasser kepada Bloomberg pekan lalu dan menambahkan bahwa permintaan juga “sangat baik” di Eropa dan AS.

China telah meningkatkan pembelian minyak mentah tepat ketika negara tersebut telah pulih dari pembatasan Covid.

Menurut Badan Energi Internasional (IEA) bahwa pemulihan konsumsi China akan menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan permintaan minyak global tahun ini yang diperkirakan akan naik menjadi 101,9 juta barel per hari.

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular