Tuesday, February 27, 2024
HomeBeritaBipang Ambawang, Sajian Khas Kalimantan Barat Yang Kini Ada Di Jakarta

Bipang Ambawang, Sajian Khas Kalimantan Barat Yang Kini Ada Di Jakarta


Indonesia kaya akan rempah dan makanan khasnya. Setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Bahkan, cita rasa kuliner Nusantara telah mendunia dan tidak pernah gagal menggoyang lidah.

Salah satu daerah yang kaya akan kuliner adalah Kalimantan Barat dengan sajian paling terkenalnya adalah bipang ambawang. Bipang sendiri berasal dari singkatan babi panggang, sementara Ambawang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Untuk memperkenalkan sajian bipang ke masyarakat luas, bipang ambawang pun membuka restoran pertama mereka di Jakarta. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu terbang jauh-jauh ke Kalimantan Barat untuk menikmati sajian babi panggang.

Terletak di East Coast By The Sea Pantai Indah Kapuk, restoran ini buka setiap hari mulai pukul 10 siang hingga 10 malam. Mereka menyajikan menu andalannya, bernama saporsi boh. Terdiri dari nasi dengan babi panggang yang kulitnya krispi dan renyah, dengan daging yang juicy.

Kemudian, saporsi boh juga dilengkapi dengan daun singkong tumis yang memiliki rasa gurih asin, dan sambal antuha atau sambal terasi yang dicampur dengan jeruk songkit supaya menghasilkan sensasi rasa asam dan pedas sekaligus.

Untuk proses masaknya sendiri, total proses pemanggangan bipang memakan waktu hingga 13 jam dengan menggunakan babi muda yang berusia 3-5 bulan dan mempunyai berat sekitar 12 hingga 20-an kilogram. Supaya menghasilkan cita rasa bipang kampung yang khas, pemanggangan dilakukan secara tradisional di tungku arang.

“Dengan mengusung slogan ‘Cita Rasa Babi Panggang Kampung’, kami juga selektif dalam memilih babi yang kami oleh. Babi kami berasal dari para peternak kampung yang ternaknya diberi makan sagu, singkong, dan pelepah pisang, sehingga aspek keamanan makanan dan cara memasak kami benar-benar sesuai standar,” kata pemilik restoran Bipang Ambawang Deky Junaedi dalam keterangannya.

Karena ukuran dan bobotnya yang cukup besar, bipang ambawang pun bisa dinikmati beramai-ramai, bersama keluarga dan teman, sampai 25 orang, sehingga menjadikannya sajian yang tepat saat berkumpul bersama atau momen perayaan khusus.

Apabila tidak bisa mengunjungi restorannya, Bipang Ambawang juga menjual bipang secara online dengan memanfaatkan platform e-commerce. Dengan begitu, konsumen bisa menikmati sajian bipang langsung dari rumah. Tertarik mencoba?

Sumber: ValidNews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular