Friday, April 19, 2024
HomeBalapSouth Borneo Kejurnas Rally 2023 Siap Digelar di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan,...

South Borneo Kejurnas Rally 2023 Siap Digelar di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, 4-6 Agustus 2023


Menyambut Kejuaraan Nasional Rally 2023 bertajuk South Borneo Rally di wilayah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, 4-6 Agustus 2023 mendatang, persiapan terus dilakukan.

Terbaru pada Sabtu (1/7/2023), Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Tapin menggelar rapat koordinasi bersama dengan panitia penyelenggara yang terdiri dari IMI Kalsel, IMI Pusat hingga Komisi Sprint dan Rally IMI Pusat serta para sponsor. 

Adapun penyelenggara langsung adalah Rimvi Motor Club (RMC), Ikatan Motor Indonesia Kalsel serta PT BGM, PTM HBM, PT BMB dan PT KIU selaku sponsor.

Dalam rapat tersebut, dibahas rangkaian persiapan lokasi Special Stage (SS) yang sudah ditentukan, yakni di Rantau Baru, perkebunan kelapa sawit PT KIU, Sirkuit Kampil, jalan houling PT TAJ, Batang Banyu, dan Sirkuit Balipat Binuang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, Sufiansyah, menjelaskan rapat terkini mengerucut kepada pemantapan teknis pelaksanaan. Mulai dari seremoni pembukaan di Rantau Baru, serta sinergisitas antara seluruh pemangku kepentingan lintas sektor.

“Khusus acara pembukaan, kami ingin menampilkan aktraksi budaya khas Tapin. Oleh karena bertepatan dengan Jumat, waktu yang tersedia cukup terbatas. Namun kami mencoba mengkalkukasi waktu yang terbatas itu agar dapat mengakomodasi produk UMKM khas Tapin, terutama seni budaya dan wisata,” ungkap Sufiansyah.

Pemkab Tapin menginginkan momentum Kejurnas Rally Seri II tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan daerah.

“Itu merupakan momen langka dan akan diikuti banyak orang dari luar daerah. Makanya semuanya perlu dipersiapkan dengan matang, supaya pendatang memiliki gambaran positif tentang Tapin. Harus dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan daerah,” imbuh Sufiansyah.

Sementara itu Edy Sudarmadi selaku Ketua IMI Provinsi Kalimantan Selatan tampak ikut rapat dengan Pemkab Tapin bersama Poedio Oetojo, Adi Wibowo (Ketua Komisi Rally IMI Pusat) hingga TB Adhi yang ikut membantu desain trek.

“Sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kami IMI Kalsel, bahwa Kejurnas Rally 2023 seri 2 bisa diselenggarakan di Kabupaten Tapin, Kalsel. Tentu kami berharap Kejurnas Rally Seri II berjalan lancar, sukses, sekaligus menjadi event olahraga dan hiburan yang membawa dampak ekonomi terhadap masyarakat Tapin khususnya dan Kalsel umumnya,” terang Edi Sudarmadi

Sementara itu, Mohammad Prayuda merupakan offroader dan perally putra tokoh otomotif M Hatta (H Ciut) menambahkan bahwa acara South Borneo Rally 2023 dimulai pada Jumat (4/8/2023) dengan SS1 di Rantau Baru sepanjang 2,5 km.

“Sedangkan 12 SS lainnya akan dilangsungkan pada Sabtu (5/8/2023) dengan 7 SS dan 5 SS lainnya di hari Minggu. SS terakhir di sirkuit Balipat (Binuang) sekaligus prize giving,” papar Yuda.

Sumber: Mobilinanews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular