Sunday, June 4, 2023
Google search engine
HomeBeritaKalimantan Selatan Targetkan Lebih dari 11,2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Kalimantan Selatan Targetkan Lebih dari 11,2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Lebih dari 11,2 wisatawan ditargetkan untuk mengunjungi tempat wisata di Kalimantan Selatan pada tahun 2023. Hal ini lantaran jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke provinsi tersebut pada tahun 2022 sudah sebanyak 11,2 juta wisatawan.

“Sedangkan untuk wisatawan mancanegara itu sekitar 42.000,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan M Syarifuddin. Pihaknya optimistis akan tercapainya target tahun 2023 tersebut dan bangkitnya pariwisata Kalimantan Selatan berkat dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022 lalu.

“Makanya kita optimistis target naik 10 persen tahun ini,” katanya.¬†¬†

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kata dia, telah menetapkan sejumlah event (acara) pariwisata bernuansa budaya daerah di Kalimantan Selatan dalam daftar Karisma Event Nusantara 2023. Event tersebut adalah Festival Kebudayaan Pasar Terapung di Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Festival Budaya Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Festival Budaya Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Banjarmasin Sasirangan Festival di Kota Banjarmasin, dan Festival Budaya Adat Dayak di Kabupaten Balangan.

Tidak hanya itu, Kalimantan Selatan juga memiliki beragam tempat wisata alam dan religi. Untuk wisata religi, wisatawan bisa mendatangi makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan di Martapura, Kabupaten Banjar.  Terdapat juga tempat wisata yang baru dikembangkan yaitu Gunung Batu, Kiram Park, dan Mandiangin.

Source : Muhammad Haris

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular