Saturday, January 21, 2023
Google search engine
HomeBisnisEmpat Orang Terkaya di Kalimantan, Ada yang Punya Harta Rp 4,35 Triliun

Empat Orang Terkaya di Kalimantan, Ada yang Punya Harta Rp 4,35 Triliun

Banyak orang terkaya di Kalimantan, salah satunya yakni Haji Isam yang terkenal dengan bisnis batu baranya.

Namun di balik itu, bisnis yang dijalani parar konglemarat di Kalimantan ini tidaklah semudah dengan membalikkan telapak tangan, mereka merintis bisnisnya dari nol. Rata-rata bisnis yang dijalankan sudah bercabang ke berbagai sektor. Maka dari itu tak heran omzet yang dicapai bisa sampai triliun rupiah. Selain berbisnis, para pengusaha suksess di Kalimantan juga berjasa di lingkungan sosial mereka. Lalu, siapa saja orang terkaya di Kalimantan?

  1. Haji Isam Haji Isam yang memiliki nama lengkap Andi Syamsudin Arsyad masuk dalam daftar orang terkaya di Kalimantan. Haji Isam merupakan salah satu pengusaha terkenal yang sukses di bisnis batu bara di Kalimantan. Namun tidak hanya bisnis batu bara saja, beliau juga mempunyai bisnis lain seperti bisnis properti. Perusahaan Haji Isa memiliki beberapa lini bisnis di PT Jhonlin Group di antaranya PT. Jhonlin Baratama, PT. Jhonlin Marine and Shipping, dan PT. Jhonlin Air Transport. Ia juga berjasa membangun beberapa fasilitas di Kalimantan Selatan salah satunya Marina Permata Hospital. Haji Isam bisa menjual 400 ribu ton batu bara, jika dihitung omzetnya tembus Rp40 miliar per bulan hingga kini aset Haji Isam tercatat mencapai Rp 1 triliun.
  2. Hasnuryadi Sulaiman Hasnuryadi Sulaiman merupakan anak dari almarhum Abdussamad Sulaiman HB atau akrab dengan Haji Leman yang mendirikan Hasnur Group. Kini Hasnur Group dikelola oleh dua anak perusahaan yaitu PT Energi Batubara Lestari dan PT Bhumi Rantau Energi.

Hasnuryadi Sulaiman merupakan anggota DPR-RI di Kalsel sekaligus pengusaha yang mengendalikan klub sepak bola PS Barito Putera. Bersama keluarga Haji Leman, kini telah memiliki perusahaan pelayaran yang sudah diperdagangkan publik Bernama Hasnur Internasional Shipping (HAIS). HAIS bisa mengoperasikan 12 set kapal tunda dan tongkang dengan kapasitas angkut bervariasi mulai dari 7.500-10.000 ton. Total pengangkutan bisa mencapai 6,8 juta MT kargo batu bara pada tahun 2019. Selain aktif menjalankan bisnis usaha, Hasnur Group juga aktif dalam kegiatan sosial melalui Yayasan Hasnur Centre yang menaungi beberapa institusi pendidikan di Kalsel.

3. Liana Saputri dan Jhony Saputra Liana Saputri dan Jhony Saputra adalah anak dari Haji Isam yang masuk daftar orang terkaya di Kalimantan. Liana Saputri dan Jhony Saputra masuk dalam konglomerasi bisnis ayahnya.

Kekayaan keduanya jika digabung bisa mencapai Rp 4,35 triliun. Liana Saputri merupakan kakak kandung dari Jhony Saputra.

4. Liana Saputri sebagai pengendali GUN dan menjabat sebagai komisaris utama dalam kepengurusan operasi dan bisnis. Sedangkan Jhony Saputra menjabat posisi penting sebagai Komisaris Utama di PT. Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR). Jhony juga tercatat sebagai pemilik dan pemegang saham di lima perusahaan. Kedua anak Haji Isam tercatat memiliki kekayaan di atas kertas yang terikat di saham PGUN masing-masing mencapai Rp 2,17 triliun. Abdul

5. Rasyid Orang terkaya di Kalimantan selanjutnya yakni Abdul Rasyid. Ia dikenal sebagai juragan kayu dan pendiri perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Abdul Rasyid merupakan pemilik Citra Borneo Indah (CBI) group yang membawahi SSMS dan PT Citra Borneo Utama (CBU). Tahun 2017 ia masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes dengan kekayaan Rp11 triliun.

Abdul Rasyid dikenal sebagai Dayak terkaya, walaupun ia bermukim di Singapura namun Abdul Rasyid adalah pengusaha yang besar di Kalimantan Tengah. Itulah empat orang terkaya di Kalimantan yang perlu kalian ketahui. Mereka tak hanya fokus merintis bisnis tetapi juga mempunyai jiwa sosial tinggi.

Source : Herald Kalsel

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular