Tuesday, June 18, 2024
HomeBeritaSederet Publik Figur Warnai Nama Bacaleg Partai untuk Pemilu 2024

Sederet Publik Figur Warnai Nama Bacaleg Partai untuk Pemilu 2024

Beberapa partai politik atau parpol sudah mendaftarkan sejumlah nama bakal calon legislatif atau bacaleg merka ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Parpol yang telah mendaftarkan bacaleg mereka adalah PKS, NasDem, dan PDIP. Dari tiga partai ini, sederet nama publik figur masih mewarnai daftar calon anggota legislatif mereka untuk Pemilu 2024.

Adapun pendaftaran calon anggota DPR RI di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan berlansung sampai 14 Mei 2023. pukul 23.59. Berikut rangkuman Tempo daftar nama-nama publik figur yang akan ikut serta dalam pemilihan nanti. 

1. Taufik Hidayat

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mendaftarkan mantan pemain bulu tangkis, Taufik Hidayat sebagai bacaleg. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah mengajukan 14 nama budayawan dan artis ke KPU pada Kamis, 11 Mei 2023. 

    2. Once Mekel

Mantan vokalis grup band Dewa, Once Mekel juga didaftarkan oleh PDIP. Once masuk dalam 580 orang bacaleg dari partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini. Ia merupakan salah satu nama baru yang terjun dalam dunia poltik dari kalangan selebritas. 

    3. Tamara Geraldine

Masih dari parpol yang sama, pembawa acara Tamara Geraldine juga resmi terdaftar menjadi bacaleg dalam Pemilu 2024. Tamara sempat menjadi kader Partai Damai Sejahtera pada 2019 sampai 2013. Kemudian ia bergabung dengan PDIP sejak 2019 hingga saat ini. 

    4. Choky Sitohang

Partai NasiDem mendaftarkan pembawa acara, Choky Sitohang sebagai bacaleg dalam Pemilu 2024. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menuturkan Choky telah didaftarkan untuk dapil Jawa Barat VI. Choky sudah pernah mengikuti kontestasi pemilihan legislatif di periode sebelumnya sebagai kader Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Namun kala itu ia gagal melenggang ke Senayan. 

    5. Reza Artamevia

Penyanyi Reza Artamevia juga kembali ikut serta sebagai bacaleg. Jika sebelumnya ia mencalonkan diri lewat Partai Perindo, kini ia maju sebagai kader Partai NasDem. Sama seperti Choky, Reza juga belum berhasil lolos pada pemilihan legislatif pada 2019 lalu. Kini Reza didaftarkan untuk dapil Banten III. 

6. Denny Cagur

Nama komedian, Deny Cagur juga mencuat sebagai bacaleg dari PDIP. Deny merupakan salah satu nama baru yang diajukan oleh Partai tersebut. Sebelum bergabung dengan PDIP, Deny merupakan kader Partai Amanat Nasional atau PAN sejak 2020. Ia baru masuk PDIP pada tahun ini dan setuju untuk menjadi bacaleg dalam Pemilu 2024.

    7. Krisdayanti 

Penyanyi, Krisdayanti kembali didaftarkan oleh PDIP sebagai bacaleg dari PDIP. Ia merupakan salah satu dari 4  publik figur inkumben yang diusung PDIP. Krisdayanti telah bergabung dengan PDIP sejak 2019. Kini ia menjabat sebagai anggota DPR dapil Jawa Timur V.  

    9. Rano Karno

Aktor, Rano Karno juga menjadi inkumben dari PDIP. Ia saat ini menjabat sebagai anggota DPR dapil Banten III. Sebelumnya, Rano pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten pada 2012 sampai 2014. Ia sempat merupakan kader PDIP sejak 1999. 

    10. Rieke Diah Pitaloka

PDIP kembali mendaftarkan aktris, Rieke Diah Pitaloka sebagai bacaleg. Hasto berujar, para inkumben dari partainya itu didaftarkan kembali setelah partai melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka. Rieke merupakan Anggota DPR dapil Jawa Barat II. Sebelumnya, ia juga menjadi Snggota DPR dapil Jawa Barat VII. Dia bergabung dengan PDIP sejak 2001.

SourceTempo
RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular