Tuesday, February 27, 2024
HomeBeritaPuan hingga Menteri Yasonna Jadi Caleg PDIP 2024

Puan hingga Menteri Yasonna Jadi Caleg PDIP 2024

PDI Perjuangan (PDIP) resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) 2024 ke KPU RI hari ini. Bacaleg yang didaftarkan tersebut di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.


“Dari Menteri Kabinet Indonesia Maju, yang berasal dari PDI Perjuangan yang dicalonkan adalah Bapak Yasonna Laoly,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Hasto mengatakan untuk menteri kabinet lain dari PDIP akan fokus membantu Jokowi menyelesaikan tugas di akhir masa jabatannya. Selain Yasonna, Puan Maharani pun turut didaftarkan sebagai caleg 2024

“Mbak Puan, beliau adalah Ketua DPR RI perempuan pertama, sosok yang telah melalui penugasan secara berjenjang. Dan beliau menjadi Ketua DPP Bidang Politik, Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya berhasil sebagai Menko PMK termuda, dan juga ketua DPR RI perempuan pertama. Sehingga atas fungsi-fungsinya yang sangat baik tersebut, maka Mbak Puan juga dicalonkan,” katanya.

Selain Yasonna dan Puan, ada sejumlah tokoh lainnya pula yang turut didaftarkan. Di antaranya, Rano Karno, Kris Dayanti, Denny Cagur, Lucky Perdana, Once Mekel, dan lain-lain.

“Dari kalangan budayawan, seniman dan artis selain figure incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Kris Dayanti, Harvey Malaihollo, Junico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Yok Koeswoyo, mengingat Koes Plus itu kan spirit nasionalisme patriotismenya luar biasa, Andre Hehanusa, Lucky Perdana,” ujarnya.

“Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman dan juga artis yang memang terbukti memiliki kompetensi yang sangat kuat,” sambungnya.

Hasto mengatakan ada pula pakar-pakar hukum yang turut bergabung dengan PDIP, salah satunya Rony Talapessy. Selain itu, juga ada purnawiraman TNI Polri, Mayjen (purn) TB hasanudin, Mayjen (purn) Sturman Pandjaitan, Letjen (purn) Ganip Waristo, Letjen TNI Marinir (purn) Yowastihar, Laksma TNI (purn) Agustiaji, Mayjen TNI Marini (purn) Sahut Tamba, Mayjen (purn) Gunawan, Letjen (purn) Yopi.

Hasto mengatakan PDIP telah mendaftarkan 580 caleg 2024. Sebanyak 380 caleg di antaranya merupakan keterwakilan perempuan.

“Adapun komposisi dari 580 bakal calon, 380 caleg perempuan atau 33%,” ujarnya.

Hasto mengatakan mereka dicalonkan setelah melalui kaderisasi dan pembekalan. Dia berharap dapat meraup suara di seluruh wilayah Indonesia.

“Mereka dicalonkan telah mengikuti pendidikan politik, dan juga kaderisasi kepemimpinan serta pembekalan yang diperlukan, mengingat tugas-tugas anggota legislatif itu harus senafas dengan tugas-tugas pemimpin nasional di dalam membawa kemajuan Indonesia Raya,” tuturnya.

SourceDetik
RELATED ARTICLES

TRANSLATE

Most Popular