Sunday, October 1, 2023
Google search engine
HomeBeritaPT Indexim Coalindo dan PT Kalimantan Prima Persada Sinergi Promosikan PHBS di...

PT Indexim Coalindo dan PT Kalimantan Prima Persada Sinergi Promosikan PHBS di Sekolah

Sejak pagi hari, ratusan murid sekolah dasar itu memadati salah satu ruang pertemuan sekolah. Mereka duduk rapi dan dengan penuh antusiasme menyimak pemaparan dan praktik tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kendati yang dibahas tentang isu kebersihan dan kesehatan, namun kegiatan ini digelar santai dan cair. 

Selasa 13 Juni 2023 lalu, PT Indexim Coalindo bersama mitra kerjanya, PT Kalimantan Prima Persada (KPP) menggelar edukasi PHBS bagi murid sekolah dasar. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran mengenai pola hidup bersih dan sehat sejak dini.

Kegiatan ini diikuti pulunan murid SD Negeri 005 Kaliorang yang terletak di Desa Bukit Makmur, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan ini diikuti sekitar 200 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6, serta dihadiri oleh guru sekolah dan tim BLUD Puskesmas Kaliorang. 

Salah satu pemateri yang hadir, Shiva Aeni, nutrisionis dari tim BLUD Puskesmas Kaliorang, menyampaikan, tujuan utama gerakan PHBS guna meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses edukasi kepada siswa sekolah dasar. Hal ini menjadi langkah awal dalam membentuk dan menjalankan perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

“Sejak dini anak-anak diajarkan pola hidup sehat agar kebiasaan tersebut bisa terbentuk dan berlanjut hingga mereka dewasa,” kata Shiva Aeni.

Adapun materi edukasi yang disajikan juga memberikan penjelasan mengenai pengetahuan dasar dan dilanjutkan dengan memberikan contoh tentang penerapan perilaku hidup bersih dan sehat tersebut. Di antaranya mencuci tangan dengan air mengalir dan mengunakan sabun, mengonsumsi jajanan sehat di kantin, serta menggunakan jamban yang sehat dan bersih. Siswa juga diimbau berolahraga secara teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk di sekolah, dan membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 005 Kaliorang, Masdiana, menyampaikan apresiasinya kepada PT Indexim Coalindo dan PT Kalimantan Prima Persada telah mendukung program promosi kesehatan bagi sekolah. Menurutnya program ini penting dan bermanfaat bagi anak didik. Dia berharap, selain promosi kesehatan, kelak bakal hadir program bermanfaat lain yang diluncurkan perusahaan guna mendukung dunia pendidikan.

“Sangat berharap adanya program-program lainnya yang menyentuh dunia pendidikan,” tuturnya.

Ditemui secara terpisah, manajer CSR PT Indexim Coalindo, Ditto Santoso, menegaskan bahwa kegiatan promosi PHBS merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan bersama antara PT Indexim Coalindo dan PT Kalimantan Prima Persada bekerja sama dengan BLUD Puskesmas Kaliorang dan pemerintah desa setempat. 

“Keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan dalam promosi kesehatan masyarakat sangat diperlukan, termasuk di antaranya untuk aksi pencegahan dan penurunan angka stunting yang menjadi perhatian utama di tingkat nasional dan lokal.” 

Sumber: Kaltim Today

RELATED ARTICLES
Continue to the category

TRANSLATE

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular